Blogroll

Kamis, 01 Juni 2017

Pulau Saronde, Eksotisme Gorontalo




Mendengar namanya tentu sangat familiar dikalangan masyarakat Gorontalo. Bahkan sudah tersohor diseputaran para traveller Indonesia. Ya, Pulau Saronde. Pulau yang terletak di utara provinsi Gorontalo ini sudah kadung menjadi destinasi favorit wisatawan lokal, baik skala Gorontalo maupun nasional.

Pulau berpasir putih dengan luas kurang lebih 1km ini sangat mudah untuk dikunjungi. Hanya berjarak 1,5 jam dari pusat Kota Gorontalo, sobat Atupatotour bisa menyewa jasa mobil rental untuk bisa menuju Pulau Saronde, atau bisa menggunakan angkutan umum jurusan Kwandang dengan cukup merogoh kocek sebesar 25ribu perak. Atau kalo ga mau repot bisa klik link ini wisata pulau saronde

Sesampainya di pelabuhan Kwandang, sobat Atupatotour bisa langsung menyewa perahu nelayan tradisional atau lazim disebut perahu katinting yang banyak terdapat dipelabuhan Kwandang. Harga sewanya cukup bervariatif, mulai dari 350ribu hingga 500ribu rupiah tergantung kemampuan nego. 😁 Kami menyarankan untuk menyewa perahu milik ustadz Eki, berhubung kami sudah langganan dan ukuran perahunya lumayan lebih besar dan lebih cepat dibanding perahu lainnya.

Perjalanan ke Pulau Saronde bakal menghabiskan waktu 45 menit perjalanan laut. Membosankan? Tentu saja tidak sobat. Sepanjang perjalanan ke Pulau Saronde, sobat bakal disuguhi pemandangan alam yang luar biasa. Baru saja keluar dari pelabuhan Kwandang, sobat Atupatotour bakal menyaksikan deretan rompong sebagai alat tangkap ikan tradisional punyanya nelayan setempat. Pada malam hari,rompong rompong ini bakal bersinar terang ditengah lautan luas.

Tidak jauh dari lokasi rompong berada, sobat Atupatotour akan menjumpai perkampungan nelayan di Kecamatan Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara. Sebuah perkampungan yang saban tiap tahun menyelenggarakan Festival Saronde di
desanya. Sebagian besar penduduk Ponelo bermata pencaharian nelayan. Pulau Saronde sudah terlihat dari kejauhan saat sobat berada di Ponelo.

Hanya berjarak 10 menit dari Ponelo, disisi kanan terdapat pulau Mohinggito, yang merupakan pulau tetangga dari Pulau Saronde. Ukuran pulaunya lebih besar dibanding Pulau Saronde, namun sayang masih belum dikelola oleh pemerintah secara serius.



Di Pulau Saronde sendiri terdapat 7 cottage yang disewakan kepada pengunjung. Harga per cottage paling murah sebesar 500ribu rupiah untuk cottage di atas laut, dan 1,5juta rupiah untuk cottage family berukuran 2 lantai yang mampu menampung hingga 15 orang. Tiket masuknya sendiri tergolong murah, hanya sebesar 25ribu rupiah.

Bagi sobat Atupatotour yang tidak sempat membawa bekal saat melancong ke Pulau Saronde, tidak perlu khawatir karena di tengah tengah pulau terdapat restoran yang menyajikan menu seafood, yang rata rata ikannya masih segar. Harganya tidak sampai bikin kantong kamu jebol kok 😀






Selain restoran dan cottage, di Pulau Saronde juga terdapat fasilitas umum lainnya seperti WC dengan air bersih serta aula yang bisa difungsikan sebagai ruang meeting dengan kapasitas 50-75 orang. Dengan keindahan alamnya serta ditunjang fasilitas yang memadai, tidaklah mengherankan jika Pulau Saronde menjadi destinasi tujuan wisatawan saat berkunjung ke "Negeri Para Sastrawan", Gorontalo.


Gorontalo, Luar biasa!!!


0 komentar:

Posting Komentar